Career Management

BAGAIMANA BEKERJA secara OPTIMAL

Sunday, July 21, 2013Admin

Dewasa ini, aktifitas dalam dunia kerja menuntut segala sesuatu berjalan sedemikian cepat. Jarak yang memisahkan antara pihak-pihak yang bekerjasama tidak lagi menjadi alasan sebagai penundaan pekerjaan. Kini orang-orang bekerja secara online sehingga tidak ada jarak lagi diantara mereka. Saya sendiri selalu merasa sedang bekerja dalam gedung, lantai, bahkan ruangan yang sama, walaupun pada kenyataannya, kolega-kolega saya berada di kota-kota, bahkan negara yang berbeda.

Sebagai bagian dari pelaku bisnis dan dunia kerja, maka kita dituntut untuk bisa menyesuaikan diri dengan budaya baru, budaya digital, yang semua berjalan dengan sangat cepat. Berikut beberapa tips untuk memulai menyesuaikan diri dengan budaya yang serba cepat sehingga pekerjaan menjadi optimal.
  1. Jagalah meja kerja dan file Anda tetap dalam keadaan tersusun rapih sehingga Anda tidak membuang-buang waktu dengan membolak-balik dan membongkar tumpukan kertas. Cek email Anda di setiap awal hari kerja. Tidak masalah apakah hanya untuk menghapus item yang tidak penting, mengajukan permohonan, kirim laporan, atau untuk menindaklanjuti setiap tugas yang Anda terima.
  2. Prioritaskan untuk menyelesaikan daftar tugas hari itu. Jika memungkinkan, delegasikan tugas Anda kepada rekan kerja atau asisten sehingga Anda tetap bisa fokus pada pekerjaan yang menuntut tanggungjawab lebih besar.
  3. Selesaikan satu pekerjaan hingga akhir sebelum Anda melanjutkan ke pekerjaan berikutnya.
  4. Mengurangi dokumen dalam bentuk hard copy dengan menyimpan informasi-informasi penting itu ke dalam komputer atau organizer elektronik.
  5. Berkomunikasilah secara efektif dan rencanakan dengan hati-hati untuk memastikan bahwa pekerjaan telah dilakukan dengan benar.
  6. Jadwalkan waktu pertemuan ketika Anda betul-betul memiliki waktu yang cukup, dan biarkan rekan Anda mengetahuinya, untuk menghindari gangguan-gangguan yang tidak direncanakan. Jika diperlukan, tutup akses dari pihak yang belum melakukan janji dengan Anda.
  7. Anda perlu rileksasi dan bersantai. Berjalan kaki ringan atau keluar kantor untuk makan siang akan meningkatkan produktivitas Anda secara keseluruhan. Saat akan pulang, sebelum meninggalkan kantor, rapikan meja kerja Anda dan susunlah daftar proyek-proyek Anda yang akan dikerjakan pada keesokan hari. Cobalah untuk tidak membawa pulang pekerjaan. Bagaimanapun juga, Anda perlu istirahat.
Perlu diingat pula:

Kenali saat Anda memiliki energi yang paling optimum dan melakukanlah tugas-tugas penting Anda. Perhatikan juga bahwa pada hari-hari tertentu (biasanya hari Senin atau Jumat) akan lebih sibuk daripada hari-hari yang lain, maka sesuaikan jadwal Anda menurut urgensinya. Jika memungkinkan, biarkan orang lain menjawab telepon Anda. Berikan instruksi tentang bagaimana menerima panggilan standar yang ingin Anda terapkan. Terakhir, hindari untuk menunda pekerjaan selagi Anda bisa mengerjakan saat itu.

You Might Also Like

0 komentar

Contact Form