Memasarankan produk baru memerlukan penelitian dan perencanaan sebelum peluncuran dilakukan. Demikian pula saat peluncuran produk dan setelahnya, Anda juga dituntut untuk melakukan pemantauan secara cermat dan tindakan yang cepat.
Boleh jadi Anda sedang memasarkan produk ataupun layanan baru, keduanya sama-sama memerlukan strategi pemasaran yang kuat dan langkah perencanaan sehingga dapat meningkatkan kesuksesan produk baru Anda. Strategi memasarkan produk baru yang baik dapat membangun pondasi yang kuat untuk mendominasi pasar, penjualan, dan juga keuntungan jangka panjang.
Boleh jadi Anda sedang memasarkan produk ataupun layanan baru, keduanya sama-sama memerlukan strategi pemasaran yang kuat dan langkah perencanaan sehingga dapat meningkatkan kesuksesan produk baru Anda. Strategi memasarkan produk baru yang baik dapat membangun pondasi yang kuat untuk mendominasi pasar, penjualan, dan juga keuntungan jangka panjang.
Melakukan Penelitian Pasar
Tentukan profil demografis produk baru Anda dan pasar yang paling menguntungkan. Dalam melakukan riset ini, tujuan Anda adalah mendapatkan sebanyak mungkin informasi untuk memperbaiki posisi produk dan target pelanggan Anda yang nantinya akan menjadi kunci dalam meningkatkan penjualan dan keuntungan. Anda bisa mempertimbangkan untuk melakukan kelompok fokus (focus group discussion), survei dan distribusi sampel untuk mengukur reaksi pelanggan terhadap produk baru Anda.
Mengembangkan Strategi Pemasaran
Kembangkanlah strategi pemasaran produk baru Anda secara menyeluruh. Tentukan saluran penjualan, metode periklanan, cakupan geografis dan kemasan produk Anda. Saat mengembangkan strategi, Anda harus tetap fokus pada target pelanggan Anda sebagaimana telah ditentukan dalam penelitian. Tetapkan tujuan penjualan dan jadwal Anda. Pertimbangkan juga untuk melakukan soft launching produk, jika Anda harus melakukan perubahan pesan atau produk yang mungkin diperlukan berdasarkan reaksi pelanggan. Namun jika Anda yakin bahwa produk Anda telah benar-benar kuat dan siap untuk mengalahkan pesaing, maka saatnya Anda melakukan peluncuran produk dalam skala penuh.
Merencanakan Kegiatan Bisnis
Dengan menggunakan strategi pemasaran Anda, rencanakanlah semua kegiatan yang diperlukan untuk melakukan peluncuran produk. Kegiatan ini meliputi perencanaan penggunaan space iklan, pengembangan kemasan produk, pelatihan karyawan, upgrade sistem, dan beberapa perubahan dalam bisnis yang diperlukan untuk mendukung produk baru Anda. Persiapkanlah untuk merespon pelanggan secara signifikan untuk memastikan bahwa perusahaan Anda telah didukung dengan sistem pemesanan via telepon, website, dan permintaan produksi. Jika Anda tidak dapat melakukannya dengan cepat, maka pertimbangkan sebuah pendekatan peluncuran yang terukur untuk memastikan kepuasan para pelanggan Anda.
Melakukan Tindakan
Tempatkan rencana Anda ke dalam tahapan dalam rentang waktu yang spesifik untuk setiap tahap. Pastikan hal-hal yang bersifat darurat dapat ditangani dengan cepat untuk menghindari terlewatnya langkah penting atau melebihi waktu yang telah dijadwalkan. Setelah produk Anda diluncurkan dan tersedia untuk pelanggan, kini saatnya Anda memantau kemajuannya dan lakukan penyesuaian dengan dukungan iklan dan distribusi yang diperlukan. Buatlah modifikasi dengan cepat untuk memastikan keberhasilan produk Anda. Sebuah peluncuran produk yang salah dapat memberikan dampak jangka panjang pada penjualan produk, sehingga pemantauan semua metrik produk, seperti volume penjualan dan keuntungan, harus dilakukan dengan sangat hati-hati.
Memperluas Pasar
Setelah produk baru Anda diluncurkan dan mulai berkembang, kini mulailah merancang strategi untuk membangun pasar Anda yang lebih luas. Pertimbangkan untuk melakukan pengembangan produk, modifikasi, serta diversifikasi ke pasar target baru Anda. Tujuannya adalah untuk memperluas eksistensi dan daur hidup produk Anda selama mungkin untuk meningkatkan keuntungan dan pendapatan bisnis Anda.
0 komentar